Alfiansyah, Alfiansyah (2024) TINJAUAN KEPUASAN PENGGUNA DALAM MENGGUNAKAN REKAM MEDIS ELEKTRONIK (RME) DI PUSKESMAS SUNGAI PANAS. D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan thesis, Universitas Awal Bros.
![]() |
Text
Judul_00421011_Alfiansyah_D3 RMIK.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (81kB) |
![]() |
Text
Abstrak_00421011_Alfiansyah_D3 RMIK.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (44kB) |
![]() |
Text
BAB I_00421011_Alfiansyah_D3 RMIK.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (201kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_00421011_Alfiansyah_D3 RMIK.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (286kB) |
![]() |
Text
Fulltext_00421011_Alfiansyah_Rekam Medis Informasi Kesehatan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang : Dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, maka diperlukan evaluasi dalam penerapan suatu sistem teknologi informasi untuk mengetahui kelemahan, kekurangan dan kepuasan pengguna RME. Evaluasi dilakukan untuk memberikan penguatan dan menjaga sistem pelayanan yang diberikan agar optimal. Evaluasi suatu sistem informasi merupakan usaha nyata untuk mengetahui kondisi sebenarnya suatu penyelenggaraan sistem informasi. Evaluasi RME bertujuan untuk mengetahui kekurangan ataupun hambatan dari sistem setelah diimplementasikan. Berdasarkan hasil studi pendahulan bahwa di Puskesmas Sungai panas belum pernah dilkukan evaluasi terhadap penggunaan RME, selain itu juga petugas pengguna RME belum pernah dilaksanakan pelatihan terhadap RME yang ada di Puskesmas Sungai Panas. Tujuan : Untuk mengetahui tingkat kepuasaan penggunan dalam menggunakan rekam medis elektronik di Puskesmas Sungai Panas. Metode : Jenis penelitian yang dipakai di penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian ini di Puskesmas Sungai Panas dengan waktu penelitian April hingga Juni 2024. Subjek pada penelitian ini adalah pengguna RME dan objek pada penelitian ini ada RME di Puskesmas Sungai Panas. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan ATK Hasil : Berdasarkan hasil penelitian bahwa tingkat kepuasan pengguna rme di puskesmas sungai panas termasuk ke dalam kategori sangat puas dengan skor 4,6 Kesimpulan : berdasarkan dari aspek isi (content) memperoleh nilai mean 4,68 yang berada dalam kategori sangat puas, dari aspek keakuratan (accuracy) memperoleh nilai mean 4,64 yang berada dalam kategori sangat puas, dari aspek tampilan (format) memperoleh nilai mean 4,66 yang berada dalam kategori sangat puas. Maka dapat disimpulkan kepuasan pengguna dalam menggukan RME masuk kedaam kategori sangat puas. Kata Kunci : Kepuasan, RME, EUCS Kepustakaan : 9 Buku (2013-2022) + 16 Jurnal ABSTRACT Background: In improving the quality of health services, evaluation is needed in the implementation of an information technology system to determine weaknesses, shortcomings and satisfaction of RME users. Evaluation is carried out to provide strengthening and maintain the service system provided so that it is optimal. Evaluation of an information system is a real effort to find out the actual conditions of an information system implementation. RME evaluation aims to find out deficiencies or obstacles in the system after implementation. Based on the results of the preliminary study, at the Sungai Panas Community Health Center there has never been an evaluation of the use of RME, apart from that, RME user officers have never received training on RME at the Sungai Panas Community Health Center. Objective: To determine the level of user satisfaction in using electronic medical records at the Sungai Panas Community Health Center. Method : The type of research used in this research is quantitative descriptive with a research design using a cross sectional approach. The location of this research is the Sungai Panas Community Health Center with a research period of April to June 2024. The subjects in this research are RME users and the object of this research is RME at the Sungai Panas Community Health Center. Data collection techniques include distributing questionnaires, research instruments using questionnaires and ATK Results : Based on the research results, the level of satisfaction of RME users at the Sungai Panas health center is included in the very satisfied category with a score of 4.6 Conclusion : Based on the content aspect, the mean value was 4.68, which was in the very satisfied category, from the accuracy aspect, the mean value was 4,64, which was in the very satisfied category, from the appearance (format) aspect, the mean value was 4,66 are in the very satisfied category. So it can be concluded that user satisfaction in using RME is in the very satisfied category. Keywords: Satisfaction, RME, EUCS Bibliography: 9 Books (2013-2022) + 16 Journals
Item Type: | Thesis (D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan) |
---|---|
Subjects: | D3 Rekam Medis D3 Rekam Medis > Komputer Aplikasi D3 Rekam Medis > Sistem Manajemen Mutu |
Divisions: | D3 Rekam Medis |
Depositing User: | Alfiansyah Alfiansyah |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 07:19 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 07:19 |
URI: | http://repositori.psdku.univawalbros.ac.id/id/eprint/319 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |