ANALISIS KEPUASAN PASIEN HIPERTENSI TERHADAP AKSES REKAM KESEHATAN PADA APLIKASI MOBILE JKN MENGGUNAKAN METODE EUCS

Akhira, Dewi Qodri'ah (2024) ANALISIS KEPUASAN PASIEN HIPERTENSI TERHADAP AKSES REKAM KESEHATAN PADA APLIKASI MOBILE JKN MENGGUNAKAN METODE EUCS. D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan thesis, Universitas Awal Bros.

[img] Text
Judul_00421005_Dewi Qodri'ah Akhira_D3 RMIK.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (167kB)
[img] Text
Abstrak_00421005_Dewi Qodri'ah Akhira_D3 RMIK.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (307kB)
[img] Text
BAB I_00421005_Dewi Qodri'ah Akhira_D3 RMIK.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (266kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_00421005_Dewi Qodri'ah Akhira_D3 RMIK.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (268kB)
[img] Text
Fulltext_00421005_Dewi Qodri'ah Akhira_D3 RMIK.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi pada saat ini menjadi salah satu kondisi yang sering dialami masyarakat dari berbagai usia maupun ibu hamil serta hipertensi juga dapat menyebabkan kematian. Seiring dengan kemajuan teknologi, BPJS kesehatan merilis sebuah aplikasi kesehatan yang diberi nama Mobile JKN. Dalam penggunaan aplikasi Mobile JKN masih terdapat kendala dan kekurangan seperti tampilan aplikasi yang kurang menarik dan nama menu dengan gambarnya tidak sesuai, pada fitur info riwayat pelayanan sering tidak terupdate dan tidak terdapatnya hasil tanda-tanda vital, kurang efektif dan efisiennya aplikasi karena masih banyak pengguna yang kurang paham dalam penggunaan aplikasi. Maka dari itu perlu dilakukannya evaluasi terhadap aplikasi Mobile JKN yang diharapkan penelitian ini dapat memberi kepuasan pada pasien hipertensi terhadap penggunaan fitur rekam kesehatan pada aplikasi Mobile JKN. Tujuan: Untuk menilai kepuasan pasien hipertensi dengan akses rekam kesehatan pada aplikasi Mobile JKN dengan metode EUCS. Metode: Jenis analisis ini kuantitatif deskriptif. Analisis ini dilakukan di Puskesmas Baloi Permai pada bulan Februari-Juli 2024. Subjek pada penelitian ini 30 pasien hipertensi pengguna aplikasi Mobile JKN. Metode pengumpulan data yang menggunakan dokumentasi dan penyebaran kuesioner studi. Instrumen pengumpulan informasi menggunakan ceklis dokumen, angket, dan alat tulis kantor. Proses pengolahan data dengan menggunakan EUCS. Hasil: Dimensi konten menerima tingkat kepuasan rata-rata sebesar 3.18, dimensi keakuratan menerima nilai rata-rata kepuasan sebesar 3.39, dimensi format menerima nilai rata-rata kepuasan sebesar 3.07, dimensi kemudahan pengguna dengan nilai rata-rata kepuasan 3.00, dan dimensi ketepatan waktu menerima nilai rata-rata kepuasan sebesar 3.20. Semua dimensi secara keseluruhan menerima nilai rata-rata kepuasan sebesar 3.17, dan masuk kategori kepuasan. Kesimpulan: Pada dimensi konten, aplikasi Mobile JKN hanya menampilkan informasi dari 1 arah saja. Pada dimensi keakuratan, beberapa informasi riwayat pelayanan tidak akurat. Pada dimensi format, beberapa fitur pada aplikasi Mobile JKN kurang dipahami pengguna. Pada dimensi kemudahan pengguna, aplikasi Mobile JKN tidak efisien dan efektif karena mengambil waktu yang lama untuk mempelajari fitur-fiturnya. Pada dimensi kecepatan waktu, fitur minum obat untuk pasien hipertensi tidak ada. Tingkat kepuasan pasien hipertensi terhadap fitur Info Riwayat Pelayanan aplikasi Mobile JKN secara keseluruhan sebesar 3.17 (puas). Kata Kunci : Kepuasan pengguna, Hipertensi, Rekam kesehatan, Mobile JKN Kepustakaan : 5 Buku (2018-2023) + 41 Jurnal ABSTRACT Background: Having high blood pressure, or hypertension, is currently one of the diseases that are widely suffered by people of various ages and pregnant women and hypertension can also cause death. Along with technological advances, BPJS Kesehatan released the Mobile JKN application. In the use of the Mobile JKN application, there are still obstacles and shortcomings such as the appearance of the application is not attractive and the menu name with the image does not match, the service history info feature is often not updated and there are no vital signs results, the application is less effective and effective since a large number of consumers still struggle with program usage. Therefore, It is imperative to assess the Mobile JKN. application which is expected that this study can provide satisfaction to hypertension patients with the use of the health record feature in the JKN mobile application. Objective: To assess the satisfaction of hypertensive patients with access to health records on the Mobile JKN application, Utilized was the End-User Computing Satisfaction (EUCS) approach. Methods: This type of Quantitative descriptive research is conducted. The subjects in this investigation were 30 hypertensive patients Who made use of the Mobile JKN application. A questionnaire was utilized to collect data.. Data processing techniques used End-User Computing Satisfaction (EUCS). The variables used were content dimensions, accuracy dimensions, format dimensions, user convenience dimensions, and timeliness dimensions. Result: The content dimension received an average satisfaction score of 3.18, the accuracy dimension received an average satisfaction score of 3.39, the format dimension received an average satisfaction score of 3.07, user-friendliness dimension with an average satisfaction score of 3.00, and the timeliness dimension received an average satisfaction score of 3.20. All of these dimensions, overall, received an average satisfaction score of 3.17, and fall into the satisfaction category. Conclusion: In the content dimension, the Mobile JKN application only displays information from 1 direction. In the accuracy dimension, some service history information is inaccurate. In the format dimension, some features on the Mobile JKN application are poorly understood by users. In the user-friendliness dimension, the Mobile JKN application is not quick and easy to use because it requires a lot of time to learn its features. In the time speed dimension, there is no medication taking feature for hypertension patients. The overall level of satisfaction of hypertension patients with the Service History Info feature of the Mobile JKN application is 3.17 (satisfied). Keywords : User satisfaction, Hypertension, Health records, Mobile JKN Library : 5 Books (2018-2023) + 41 Journals

Item Type: Thesis (D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan)
Subjects: D3 Rekam Medis
D3 Rekam Medis > Komputer Aplikasi
D3 Rekam Medis > Sistem Manajemen Mutu
D3 Rekam Medis > Teknologi Informasi (TI)
Divisions: D3 Rekam Medis
Depositing User: Dewi Qodri'ah Akhira
Date Deposited: 03 Mar 2025 05:06
Last Modified: 03 Mar 2025 05:06
URI: http://repositori.psdku.univawalbros.ac.id/id/eprint/316

Actions (login required)

View Item View Item