PENGARUH PSIKOEDUKASI TERHADAP BEBAN KELUARGA YANG MEMILIKI ANAK AUTIS DI SLB ANAK BRILIANT BATAM TAHUN 2021

Wahyuni, Safira Eka (2021) PENGARUH PSIKOEDUKASI TERHADAP BEBAN KELUARGA YANG MEMILIKI ANAK AUTIS DI SLB ANAK BRILIANT BATAM TAHUN 2021. S1 Ilmu Keperawatan thesis, STIKES Awal Bros Batam.

[img]
Preview
Text
1. COVER - BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
4. FULL TEXT - Safira Eka (LOCK).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)

Abstract

Abstract (Indonesia) PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN AWAL BROS BATAM Skripsi, September 2021 Safira Eka Wahyuni Pengaruh Psikoedukasi Terhadap Beban Keluarga Yang Memiliki Anak Autisme di SLB Anak Briliant Batam Tahun 2021 93 hlm + 3 tabel + 2 skema + 14 lampiran ABSTRAK Penderita autisme di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya dan memiliki tingkat ketergantungan yang tinggi terhadap keluarga. Semakin berat beban yang dirasakan oleh keluarga semakin berat pula tingkat emosional yang dirasakan oleh keluarga, oleh karena itu keluarga membutuhkan asuhan dalam menurunkan beban yang dirasakannya yaitu dengan memberikan terapi psikoedukasi. Psikoedukasi merupakan salah satu terapi yang memberikan informasi dan edukasi kepada keluarga, dengan demikian psikoedukasi adalah terapi yang tepat dalam menurunkan beban keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi terhadap beban keluarga yang memiliki anak autise. Penelitian ini dilakukan di SLB Anak Briliant Batam pada bulan Agustus tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Eksperimental Design dengan pendekatan one group pre test - posttest design without control group menggunakan kuesioner Zarit Burden Interview. Sampel berjumlah 20 responden kelompok eksperimen dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Data diolah dengan menggunakan uji Paired T-Test. Hasil Analisa Univariat sebelum diberikan psikoedukasi terdapat 40% responden yang mengalami beban sedang dan 20% responden yang mengalami beban berat. Berdasarkan karakteristik responden didapatkan usia terbanyak 22-49 tahun (85%), dan jenis kelamin terbanyak (90%) yaitu perempuan. Hasil Analisa Bivariat menunjukkan bahwa adanya penurunan beban caregiver sebanyak 14,3 dengan P-Value 0,000 (<0,05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh psikoedukasi terhadap beban keluarga yang memiliki anak autisme. Oleh karena itu diharapkan kepada keluarga yang memiliki anak autisme dapat menerapkan terapi psikoedukasi guna mengurangi beban yang dimiliki dalam merawat anak autisme. Kata Kunci : Psikoedukasi, Beban Keluarga, Autisme Abstract (Inggris) NURSING SCIENCE PROGRAM AWAL BROS BATAM INSTITUTE OF HEALTH SCIENCES Mini Thesis, September 2021 Safira Eka Wahyuni The Effect of Psychoeducation on the Burden of Families Who Have Autism Children at Briliant Batam Special School for Children in 2021 93 pages + 3 table + 2 scheme + 14 attachment + xiv ABSTRACT People with autism in Indonesia has been increasing every year and has a high dependency on family. More severe burden felt by the family is more severe level of emotional will felt by the family, so that the family need care in lowering the burden by giving the psychoeducation therapy. Psychoeducation is one of therapy that provide information and education to family, thus psychoeducation is the correct therapy in lowering family 's burden. The purpose of this research is to find the influence of psikoeducation towards family 's burden that have children with autism. This study implemented in Briliant Children Batam Special School (SLB Anak Briliant Batam) in August 2021. This research using the method of Quasy Experimental Design with the approach one group pre-test – post-test design without control group with the questionnaire of Zarit Burden Interview. Sample consist of 20 respondents group experiments with sampling technique “Total Sampling”. Data processed by using the Paired T-Test. Analysis Univariate results before given psychoeducation there were 40% respondents felt the medium burden and 20% with heavy burden. Based on the characteristics of the respondents, the age group was 22-49 y.o (85%), and the highest gender (90%) was female. Bivariate Analysis result showed that there was a decrease in caregiver burden as much as 14.3 with a P-Value of 0.000 (<0.05) so that Ho was rejected and Ha was accepted. The conclusion is there is an influence of psychoeducation on the burden of family who have children with autism.Therefor, family who have children with autism are expected to apply the psychoeducation therapy in order to increase the burden in caring of children with autism Keyword : Psychoeducation, Family’s burden, Autism

Item Type: Thesis (S1 Ilmu Keperawatan)
Subjects: S1 Keperawatan dan Profesi Ners > Keperawatan Anak
S1 Keperawatan dan Profesi Ners > Keperawatan Keluarga
S1 Keperawatan dan Profesi Ners
Divisions: S1 Keperawatan
Depositing User: lib. psdku. univawalbros
Date Deposited: 26 Nov 2021 07:24
Last Modified: 06 Jan 2023 02:59
URI: http://repositori.psdku.univawalbros.ac.id/id/eprint/122

Actions (login required)

View Item View Item